Ocean Exploration

5:22 PM Unknown 0 Comments


Ocean Exploration

            Halo! Bertemu lagi dengan ane. Hihi.. ane lagi liburan nih sobat, tapi banyak tugas dari guru. Hfft.. menyebalkan. Yasudah, sekarang ane pengen bahas tentang penjelajahan samudera, hoho :3
            Penjelajahan samudera ini merupakan sebuah realisasi dari kodrat manusia yang memang pada dasarnya selalu ingin tahu. Apalagi setelah ditemukannya kompas dan bukti bahwa bumi itu bulat (teori Copernicus), maka orang-orang berlomba-lomba untuk menjelajahi samudera untuk menelisik kebenaran teori tersebut. Ada Vasco da Gama, Bartholomeus Diaz, dan masih banyak lagi yang berasal dari Spanyol dan Portugis. Hihi, seru bukan?

Alasan bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera :

·         Karena Jatuhnya Kota Konstantinopel ke tangan bangsa Turki.

·         Untuk mencari rempah-rempah.

·         Ingin menjelajahi dunia.

·         Tujuan ekonomi, mencari keuntungan yang besar dari hasil perdagangan rempah-rempah.

·         Tujuan agama, meyebarkan agama Nasrani.

·         Tujuan petualangan, mencari daerah jajahan.


Faktor bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera :

·         Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.

·         Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.

·         Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.

·         Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.

·         Perkembangan teknologi kemaritiman yang memungkinkan pelayaran dan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.

·         Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.

·         Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292).

·         Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan bendabenda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).


Pelopor penjelajah samudera :

1.      Bartholomeus Diaz

Bartholomeus Diaz lahir tanggal 13 januari 1450. Bartholomeus Diaz merupakan bangsa Portugis yang pertama kali melakukan penjelajahan Samudra. Ia memulai penjelajahan dari Lisabon menyusuri pantai barat Afrika. Tahun 1486 ia sampai di Afrika selatan yang kemudian ia beri nama Tanjung Harapan.
Nih orangnya
 
 
 
 
 
 

2.      Vasco Da Gama

Vasco Da Gama lahir pada tanggal 24 Desember 1469. Vasco Da Gama adalah pelaut berkebangsaan Potugis, sekaligus pelaut Eropa yang berhasil pertama kali mencapai  Calicut, Goa di India pada tahun 1498.  Ia menggunakan jalur/rute yang dulu di buka oleh pendahulunya,Bartolumeus Diaz. Di goa portugis, Ia mendirikan kantor (kongsi) dagang pertama di asia. Vasco Da Gama  adalah salah satu tokoh populer ketika bangsa Eropa berusaha mencari daerah baru untuk perluasan wilayah dan menemukan cadangan sumber daya alam. Vasco da Gama lahir di Sines, Alentejo, Portugal, Sekitar tahun 1469 dan meninggal 24 Desember 1524  di  Kochi, India. Vasco da Gama melakukan pelayaran dengan tujuan mencari daerah baru dan mencari cadangan sumber daya alam. Pelayarannya juga didukung perkembangan teknologi pelayaran dan revolusi ilmu pengetahuan setelah munculnya teori heliosentris oleh Nicholas Capernicus. Ia diperintahkan raja Manuel dari Portugal untuk mencari daerah baru di wilayah timur dengan meneruskan penjelajahan laut oleh pendahulunya Bartolomeus Dias yang telah mencapai Tanjung Harapan di Afrika tahun 1488.
 
 

3.      Alfonso de Albuquerque
Alfonso de Albuquerque lahir di Alhandra pada tahun 1453 di dekat kota Lisbon Portugal. Ia merupakan Gubernur pangkalan Portugis di Goa, India Barat. Tahun 1511 ia sampai di malaka dan berhasil menguasai maluku yang merupakan sumber rempah-rempah. Ia juga merupakan seorang pelaut Portugis terkenal yang berperan dalam pembentukan Pemerintahan Kolonial Portugis di Asia. pada suatu masa dikenal sebagai aaThe Great, The Caesar of the East and as The Portuguese Mars.
 


 

 

4.      Christopus Colombus

Christopus Columbus lahir pada tanggal 30 Oktober 1451. ia meninggal pada tanggal 20 Mei 1506. Pada umur 54 tahun. Ia adalah seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa Italia yang menyeberangi samudra antlantik ke benua Amerika tanggal 12 Oktober 1492. Ia percaya bahwa bumi berbentuk bola kecil dan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke timur jauh melalui jalur barat.

 

5.      Ferdinand De Magelhaens

Sebenarnya ia adalah orang Portugis, namun ia bekerja untuk pemerintahan Spanyol. Ferdinand Megelhaens lahir di Oporto Portugal tahun 1480. di tahun 1505 ia terdaftar diangkatan laut dimana ia belajar tentang keahlian kelautan dan peralatan perang di bawah bimbingan seorang purnawirawan Portugis.


 

6.      Cornelis De Houtman

Cornelis de Houtman (lahir di Gouda, Holland Selatan, Belanda, 2 April 1565 – meninggal di Aceh, 11 September 1599 pada umur 34 tahun) adalah saudara dari Frederik de Houtman, adalah seorang penjelajah Belanda yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah-rempah bagi Belanda. Saat itu kerajaan Portugis mempunyai monopoli terhadap perdagangan tersebut, dan perjalanan de Houtman adalah kemenangan simbolis bagi pihak Belanda, meski perjalanan tersebut sebenarnya berlangsung buruk. Sejak saat itu kapal-kapal lainnya mulai berlayar untuk berdagang ke Timur.
 
 

 

 
 

 

 

0 comments: